July 14, 2020
  • 6:18 am Alasan Pengakuan Situs Web Belanja Online Di Antara Orang
  • 6:15 am Manfaat Bisnis E-Commerce
  • 4:53 am Layanan Pelanggan Desicouture
  • 4:46 am 5 Hal Yang Harus Dilakukan Saat Memulai Bisnis Online
  • 12:15 am Langkah Awal Pembuatan Toko Online yang Harus Anda Pahami
Kesalahan Bisnis Online Shop yang Sebabkan Bisnis Anda Gagal

Tamoxifen. – Kesalahan bisnis online shop yang sebabkan bisnis Anda gagal. Di dunia yang serba digital ini, bisnis online menjadi sebuah bisnis yang sangat menjanjikan. Semua orang berbondong-bondong untuk menggeluti bisnis secara online ini. Mulai dari produk busana, makanan, makeup, barang elektronik, dan sebagainya kini tak lepas dari kiprah dunia online.

Agak tidak seimbang memang, dan menyulut pro kontra pula bagi para pelaku bisnis offline yang merasa tersaingi lantaran lebih banyak konsumen yang kini beralih pada belanja online. Karenanya, banyak para pelaku bisnis online ini punya penghasilan yang juga melejit karena kesuksesannya.

Namun, tak sedikit pula pemain bisnis ini tumbang karena kesalahan bisnis online shop yang dilakukan. Tanpa ilmu, bisnis semudah apa pun tentu tidak akan menemui keberhasilannya. Penasaran apa sajakah kesalahan yang kerap kali membuat pebisnis online gagal? Ini dia!

Hanya Fokus Pada Penjualan Saja

Cara ini merupakan strategi yang salah besar di dalam bisnis online. Ingat, Anda sedang menjual produk kepada orang banyak yang sama sekali belum dikenal, bahkan bertemu. Ini tidak sama dengan berjualan offline yang bisa dengan serta merta langsung menawarkan barang saja. Anda tentu tidak bisa begini saat berdagang online.

Anda membutuhkan yang namanya membangun branding untuk menghindari kesalahan bisnis online shop yang satu ini. Caranya adalah dengan menarik khalayak dengan perlahan namun pasti lewat postingan yang Anda unggah. Brand bisnis yang sudah besar dan terpercaya tentu tak luput dari cara yang satu ini. Bagaimana caranya? Pertama, bangunlah brand atau merek bisnis Anda, dengan menentukan nama bisnis online tersebut.

Buatlah logo dan motto yang memorable dan menarik. Kenalkan bisnis tersebut lewat iklan, bisa Fb Ads atau Instagram Ads. Unggah postingan berupa tips menarik seputar produk yang dijual. Berikan service sebelum berjualan, misal dengan sampel barang. Untuk lebih mentereng, Anda bisa menggunakan jasa endorse untuk produk Anda. Bagaimana, tidak segampang kelihatannya, bukan?

  • Cara Promosi yang Salah

Kesalahan bisnis online shop yang paling lumrah selanjutnya adalah dari segi promosi. Jika Anda memilih media sosial seperti FB atau Ig untuk berpromosi, memang tidak ada salahnya. Namun, perlu lagi Anda ingat bahwa orang lain bermain media sosial. Tujuan utamanya bukanlah untuk membeli barang. Jadi, jangan sampai Anda terkesan lebay dalam mempromosikan barang tersebut. Alih-alih akan dibeli, status Anda yang selalu berisi promosi bisa jadi malah dibenci followers.

Strategi berpromosi yang benar bukanlah seperti itu, melainkan dengan melakukan variasi konten unggahan. Misalnya, buat 3 postingan yang berbeda setiap minggunya. Postingan pertama adalah promo produk Anda, postingan kedua adalah konten yang sifatnya mengedukasi, sesuai dengan ranah bisnis Anda.

Konten ketiga misalnya, postinglah berita lucu atau viral yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan promosi. Dengan begitu, orang tidak akan bosan melihat status Anda yang isinya beragam, bukan hanya promosi saja.

  • Salah Menyasar Target Pasar

Agar jualan Anda laku, tentu Anda butuh konsumen yang ada di pangsa pasar. Jika berpikir bahwa dengan berpromo pada seluas-luasnya grup atau komunitas, pemikiran tersebut adalah salah satu kesalahan bisnis online shop. Sasarlah target pasar Anda dengan spesifik sesuai produk yang ditawarkan.

Misalnya, jika Anda menjual alat-alat rumah tangga, siapa kira-kira target pasar yang paling pas? Tentu ibu rumah tangga, bukan? Jika Anda mempromosikan produk tersebut di grup atau komunitas anak muda, apakah produk itu akan laku? Lalu, kenapa masih dilakukan jika jawabannya adalah tidak?

Di sinilah pentingnya mengenal betul target pasar untuk produk Anda. Sasarlah target pasar yang benar-benar spesifik. Jika perlu, lakukan riset terlebih dahulu mengenai produk yang akan dijual dan seberapa menariknya di mata pasar.

  • Berhenti Hanya Sampai Penjualan Saja

Kesalahan bisnis online shop berikutnya yang kerap terjadi adalah hanya berhenti di penjualan saja. Tujuan Anda berbisnis online tentu tidak hanya ingin pembeli membayar produk itu kemudian selesai, bukan? Tentu Anda ingin orang tersebut kelak akan membeli lagi dan lagi atau menjadi pelanggan tetap Anda.

Banyak bisnis online yang hanya bisa gigit jari karena memang tidak punya pelanggan tetap. Sebenarnya, Anda bisa menerapkan cara-cara sederhana supaya orang mau kembali membeli produk Anda. Misalnya dengan follow up, mintalah kontak pembeli setelah membeli produk Anda.

Ini bertujuan agar jika ada produk baru, Anda bisa menghubunginya. Untuk sekadar memberi testimoni juga bisa. Kemudian, beri juga perhatian kepada pembeli dengan menanyakan bagaimana kualitas produk Anda beberapa hari setelah pembelian. Ini akan membuat mereka tertarik untuk berlangganan dan antisipasi agar tidak terjadi kesalahan bisnis online shop.

Itu dia beberapa kesalahan bisnis online shop yang kerap kali dilakukan para pebisnis situs judi poker. Jangan sampai Anda juga menjadi salah satu pebisnis yang tercebur di kesalahan yang sama, ya. Semoga bermanfaat!

tamoxifenfthfh

RELATED ARTICLES